Cara Membuat Smartfren Anti Lelet Lebih Cepat




Sebenarnya kurang tepat jika ane membuat posting dengan Judul Cara Membuat Smartfren Anti Lelet Bebas Lemot,tapi ya memang begitulah keadaan di lapangan,Smartfren memang benar-benar lemot dan sangat lelet,jauh berbeda dengan apa yang di gembor-gemborkan melalui media iklan.

 Ini sebenarnya pengalaman pertama ane menggunakan SEMAR,karena sebelumnya ane menggunakan koneksi yang jauh lebih cepat,bahkan lebih cepat dari internet tercepat di indonesia.,hehe...sebelumnya ane pernah  tinggal 2 tahun di Saudi Arabia,dengan kecepatan seperti ini


Nah dari pengalaman itu ane mau mencoba dan sedikit berbagi cara untukmengatasi lemotnya si SEMAR,memang ada beberapa hal yang sangat mempengaruhi kecepatan berselancar di dunia maya,di antaranya adalah jenis modem yang di gunakan dan sinyal yang di dapat,serta paket intenet yang kita pakai.

Yang ane coba ulas kali ini adalah modem Air Flash AH009 EVDO Rev A Unlock Dualband chipset Qualcomm,termasuk Perdana Smartfren 60 hari Unlimited.di dalam iklan-ya tertulis modem tahan panas,setelah ane coba memang benar,ane geber seharian panasnya stabil dan tidak begitu panas.

Cara meningkatkan kualitas sinyal modem Air Flash AH009
Kebetulan ane tinggal di daerah pinggiran,walaupun kota ane di salatiga sudah tercover jaringan Evdo[bagi yang tinggal di kota enjoy aja],tetapi sinyal yang di dapat belum bisa maksimal,hanya 1-2 bar,terkadang juga malah hilang [mungkin karena jarak BTS terlalu jauh],ane sudah mencoba cara untuk meningkatkan sinyal modem,salah satunya seperti gambar di bawah

Tetapi sinyal yang di hasilkan belumlah optimal,hanya stabil di 2-3 bar saja,ane juga masih berpendapat bahwa koneksi lambat mungkin karena belum mendapat sinyal yang full bar.jarak BTS terlalu jauh.

Akhirnya ane coba untuk mencoba memasang antena eksternal modem Air Flash AH009 yang kebetulan produk ini di sertai slot antena eksternal,cukup membeli pigtail untuk menghubungkan modem dengan antena luar,tetapi kendalanya slot antena terdapat di dalam chasing pembungkus,jadi harus melubangi chasing untuk menancapkan pigtail dan menghubungkannya dengan antena eksternal.

Cara memasang antena eksternal modem Air Flash AH009












Keterangan : 
1. Lepas Chasing penutup modem Air Flash AH009,bisa menggunakan kuku,atau pisau guntingan kuku Dalam proses ini sangat mudah karena chasing berbahan plastik,lepas yang berwarna merah dulu.

2. Anda bisa langsung mencoba untuk mencolokkan pigtail,lalu beri tanda pada chasing untuk di lubangi.

3. Beri lubang pada chasing modem setelah anda benar-benar pas mengukur pada slot antena.anda bisa menggunakan bor kecil ,dalam hal ini ane lubangi dengan paku yang di panaskan,hehe....

4. Tutup kembali Chasing dan anda siap untuk memasang pigtail

5. Sambungkan pigtail dengan kabel antena RG6 Coaxial dengan panjang sesuai kebutuhan.

6. Hubungkan Dengan Antena eksternal [dalam uji coba ini ane menggunakan antena Yagi Extreme III up 30km Dual Driven Universal ]asal muasal antena bisa anda baca di bawah nanti.

7. Putar dan arahkan antena ke BTS smartfren terdekat agar di dapatkan sinyal yang maksimal.

Dan inilah repiyu gambar hasilnya :





Catatan kecil : 
Anda bisa membuat sendiri antena yagi untuk menambah kekuatan sinyal EVDO,banyak tutorial di google yang membahas hal ini,Ane mendapatkan modem,serta antena plus pigtail dari Toko modemku ,jika modem anda berbeda merk,anda bisa beli pigtail sesuai dengan modem-nya,karena berbeda modem,kemungkinan juga berbeda jenis pigtailnya.review lengkap tentang kehebatan Antena Yagi ini bisa anda baca lengkap di sini.

Menurut sumber,antena ini bisa menangkap sinyal sejauh 30 Km dengan kondisi Clear Line of Sight [bebas hambatan],bisa untuk jaringan GPRS/ EDGE/ 3G/ HSDPA/ HSUPA dan CDMA 1x / EVDO : Rev.O/ Rev.A/ Rev.B

Intinya,untuk memperlancar koneksi internet atau Cara Membuat Smartfren Anti Lelet Bebas Lemot,kita harus mendapatkan sinyal yang maksimal,posting ini di buat khususnya bagi saudara kita yang bertempat tinggal di daerah pinggiran,kayak ane ini..yang belum bisa menikmati koneksi internet semudah dan secepat yang tinggal di kota.

atau bisa di baca selengkapnya di :
http://zona-gspl.blogspot.com

3 Responses to "Cara Membuat Smartfren Anti Lelet Lebih Cepat"

Silahkan Tinggalkan Komentar Sobat Apabila Ada yang ingin di tanyakan ataupun ada kesalahan di artikel ini dan komentar anda tidak boleh mengandung :
1. unsur sara ,kekerasan ,porno dan sejenisnya.
2. link aktif text anchor dan sejenisnya
3. tidak ada kaitannya dengan artikel ini maka kami anggap spam
Terima kasih Telah Memenuhi syarat diatas dan juga terima kasih telah berkunjung .Salam Blogger :D